5 Istilah Dalam Arsitektur Yang Sebaiknya Kamu Pahami

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita melihat atau mendengar istilah-istilah yang erat kaitannya dengan dunia arsitektur. Tapi kamu tidak tahu bagian tersebut dinamakan apa atau bahkan sama sekali tidak mengerti maksud dari bebrapa istilah itu sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda. Biar nanti tidak menimbulkan kesalahpahaman, berikut 5 istilah dalam arsitektur yg cukup sering dijumpai dan sebaiknya dipahami

  1. Fasad / fasade

Nah kata fasad ini sering kali kita jumpai pada beberapa majalah-majalah atau buku arsitektur, jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘fasad’ berarti  moral dan kebinasaan. Nah loh, kebinasaan apa yang ada dalam arsitektur? Hehehe. Tenang,  Bukan itu maksudnya, jadi fasad ini berasal dari kata facade, yang berarti ‘depan’ dalam Bahasa Perancis. Fasade yang dimaksud adalah  suatu sisi depan atau luar sebuah bangunan atau tampak depan bangunan yang umumnya mengarah ke arah jalan suatu lingkungan. fasad pada bangunan merupakan elemen penting dari sebuah karya arsitektur, karena biasanya sebuah fasad menampakkan fungsi dan ruh dari bangunan itu sendiri

  1. Mezanin

Mezanin seringkali disebut sebagai lantai setengah, karena letaknya yang berada ditengah antara plafond dan ruang lantai utama. Untuk menyiasati penambahan kebutuhan ruang, biasanya mezanin ditambahkan dalam sebuah bangunan yang mempunyai ruangan dengan jarak tinggi minimum antara plafond dan lantai minimal 5 meter. Fungsinya bisa beragam sesuai dengan kebutuhan penggunanya, misalnya sebagai tempat penyimpanan, ruang kerja, ruang baca dan lain-lain.

  1. Foyer

Foyer adalah ruang perantara antara ruang luar dengan ruang dalam pada suatu bangunan. Berfungsi sebagai ruang transisi sebagai penyambut tamu sebelum masuk ke ruang tamu atau lobby utama. foyer biasanya dibuat semenarik mungkin dan seringkali mencerminkan kepribadian sang pemilik rumah atau bangunan.

Dengan ukuran ruang yang bervariasi antara 1,5 x 2 m persegi atau lebih, biasanya pada foyer terdapat lukisan atau cermin di bagian pembatas dinding ruang dengan satu meja console dan vas bunga. Pembatas dinding inilah yang berfungsi sebagai penghalang pandangan langsung ke ruang tamu atau ruang utama. Jadi misalnya ada seorang pengantar barang yang datang kerumah kita, dia tidak bisa langsung melihat seisi ruangan karena terhalang oleh foyer.

  1. Bordes

Pernahkan sebelumnya kamu memperhatikan setiap menaiki atau menuruni sebuah tangga, pada bagian tengahnya terdapat pelat tangga yang ukurannya lebih besar dari anak tangga lainnya? Yah, itulah yang disebut bordes. Bordes adalah pelat datar diantara anak – anak tangga sebagai tempat beristirahat sejenak dan berfungsi sebagai area jeda pada tangga dan meminimalkan resiko jika ada yang terjatuh saat menaiki atau menuruni tangga.

Bordes dipasang pada bagian sudut tempat peralihan arah tangga yang berbelok. Pada bagian ini, bordes dapat diaplikasikan menjadi sebuah elemen dekoratif agar tangga terlihat lebih indah. Misalnya dengan menambahkan rak sebagai tempat hiasan koleksi pribadi dengan sedikit permainan cahaya pada dinding bordes, tangga bisa terlihat tidak membosankan dan melelahkan penggunanya.

  1. Proporsi

Istilah yang satu ini pasti tidak asing lagi karena seringkali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak diantara kita yang sering menggunakan kata proporsi. Misalnya untuk perbandingan berat badan dan tinggi badan seseorang, disebut proporsi jika kedua obyek penilaian itu terlihat seimbang.

Dalam dunia arsitektur, proporsi menggambarkan perbandingan antara obyek yang satu dengan lainnya. Perbandingan keseimbangan, keselarasan, keindahan, warna, bentuk, atau material selalu menjadi bahasan yang menarik saat orang-orang membicarakan tentang sebuah karya arsitektur.

 

 

Iklan

3 tanggapan untuk “5 Istilah Dalam Arsitektur Yang Sebaiknya Kamu Pahami

  1. Usul Mambiz, tulisan selanjutnya dilengkapi dgn gambar boleh tak?? agak org awam atau alumni arsitektur yg tersesat di profesi lain macam sy, tdk susah berpikir keras mengingat ingat lagi.. Hahahaha..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s