Dua Hari di Pesta Wirausaha Makassar 2015

Pesta Wirausaha (PW) Makassar 2015 diadakan oleh Komunitas Tangan di Atas (TDA) Makassar sebagai bentuk apresiasi dan sarana bagi pengusaha dalam meningkatkan pengetahuan bisnis, memperluas jaringan, promosi produk serta menjaga semangat berwirausaha para pengusaha di Makassar dan sekitarnya. Tahun ini Pesta Wirausaha digelar pada tanggal 5 dan 6 Desember 2015 yang berlokasi di ballroom Celebes Convention Center (CCC) Makassar.

Selain menghadirkan beragam pembicara dari kalangan pengusaha dan pemerintah, berbagai rangkaian kegiatan juga mewarnai Pesta Wirausaha ini seperti festival kuliner, pameran produk dan jasa, serta kelas pelatihan (coaching clinic) yang diisi oleh para ‘Local Heroes’ dari Makassar. ‘Local heroes’ ini adalah para wirausahawan dari Komunitas TDA asal Makassar yang mempunyai produk unggulan dan dinilai mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional.

Pesta Wirausaha Makassar kali ini juga bersinergi dengan komunitas-komunitas anak muda di Makassar seperti Makassar Berkebun, Yicam Makassar, Kompakers Makassar, SIGI Makassar, aksi Indonesia muda dan masih banyak lagi dengan harapan anak-anak muda ini kelak menjadi penggerak ekonomi Kota Makassar pada khususunya.

Acara hari pertama dimulai dengan pembukaan oleh Gubernur Sulawesi Selatan , Bapak Syahrul Yasin Limpo yang dilanjutkan dengan peluncuran buku dari Komunitas TDA Makassar dengan judul “Dari Timur Untuk Indonesia”. Buku ini berisi inspirasi bisnis dari lima belas produk-produk unggulan TDA Makassar.

Setelah acara pembukaan selesai, satu persatu dari 13 sesi seminar pun dimulai. Salah satu yang menarik perhatian para peserta seminar adalah Wempy Dyocta Koto, beliau adalah orang yang terpilih oleh Furtune dalam daftar ‘40 under 40’, orang yang paling berpengaruh di Indonesia. Dia pun khusus terbang dari London untuk mengisi seminar Pesta Wirausaha di Makassar. Uda Wempy sapaan akrabnya, berterima kasih kepada seluruh peserta yang hadir di seminar karena diakhir pekan ini saat kebanyakan orang menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat, para peserta seminar datang untuk belajar dan memajukan hidup sendiri, bahkan untuk Indonesia. “it’s start from you!” tegasnya.

Banyak yang ingin mengubah dunia tapi tidak bisa mengubah diri sendiri “to change the world, you must change your self!”. Diapun menambahkan, dalam era digital seperti sekarang ini dimana setiap orang hampir setiap saat membuka internet dan website, maka 10 web terakhir yang paling sering anda buka, adalah cerminan diri anda. Well, seperti apakah anda?

2 t

Sementara seminar kewirausahaan berlangsung di lantai dua, di lantai satu juga terdapat banyak materi coaching yang menarik perhatian para pengunjung pameran produk dan jasa. Materi-materi seperti leadership, kelas memasak, marketing media sosial, pengemasan produk, manajemen keuangan, dan hypnosis selling diberikan secara gratis oleh para ‘Local heroes’ dari Komunitas Tangan di Atas Makassar. Tujuan utama dalam pelatihan ini adalah para pengusaha atau para pengunjung yang ingin memulai usaha dapat terinspirasi dalam menemukan ide-ide bisnis, bagaimana cara membangun bisnis, membuat merek, dan mengembangkan usaha.

Tidak cukup hanya mengisi otak dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat dari para pemateri, para pesertapun memadati area kuliner untuk mengisi perut mereka. Terdapat banyak pilihan jenis makanan dan minuman di kuliner festival ini, diantaranya Sushibizkid, Sosbak 1345, Snackbox By Cif, Topjer, Bakso Bakar Ala-ala, Hi Fries, Hey Banana, Hi Tea, Corndogs, Kebab Turki, Gerobak Ijo, dll. Menariknya, semua transaksi di area ini menggunakan sistem pembayaran non-tunai melalui penggunaan kartu kredit, kartu debit, dan uang elektronik (e-money) dari Bank Mandiri. Hal ini untuk mengedukasi masyarakat sebagai konsumen agar mengurangi penggunaan uang tunai agar lebih aman dan mudah melakukan transaksi.

Malam hari setelah perut terisi penuh oleh berbagai macam rasa dan jenis makanan, para pengunjung PW 2015, khususnya para wanita, sangat antusias mengikuti Kelas Kecantikan oleh Muhdiarafika, seorang makeupreneur dan Make Up Artist (MUA) terkenal di Makassar. Muhdiarafika memberikan tips dan trik dalam ber-makeup, selain itu, iapun membagikan inspirasi dimana hobby bisa menjadi bisnis yang menjajikan asal dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan tetap fokus pada tujuan.

Di waktu berbeda, para pria terlihat sangat serius mendengarkan penjelasan oleh tim Kopiapi Coffee yang mengisi Kelas Kopi yang membagikan info dan tips tentang kopi. Banyak peserta yang belum tahu, kalau kopi ternyata memiliki perjalanan panjang sebelum dinikmati dalam secangkir kopi. Rachwan Arna sebagai founder Kopiapi Coffee juga memberikan inspirasi peluang usaha kopi di masa mendatang yang sangat menjajikan meskipun di Makassar sendiri sudah menjamur berbagai coffee shop.

1 t

Selama dua hari, rangkaian kegiatan silih berganti di kelas pelatihan dan seminar kewirausahaan. Hiburan-hiburan spesial dari band ternama di Makassar juga mewarnai keseruan Pesta Wirausaha. Aligo, Diandra Band, Tanya Budi Band, dan penampilan one man show oleh Rizcky De Keizer, seperti biasa mampu memeriahkan Pesta Wirausaha Makassar 2015. Namun sesuai dengan pesan sahabat saya di komunitas TDA Makassar, Budi Kamrul “kami berpesta bukan untuk hura-hura, tapi kami mengajak berkontribusi untuk bangsa melalui wirausaha, kami berpesta bukan untuk berbangga tapi membuktikan produk lokal juga bisa jadi juara, kami berpesta bukan untuk ketawa tapi mengajak untuk berusaha menebar manfaat melalui usaha”.

 

 Take Double Action, TDA Makassar bersama menebar rahmat. Salam 🙂

#TanganDiAtasMakassar

#PestaWirausahaMakassar

 

3 tt

 

 

 

Iklan

Satu tanggapan untuk “Dua Hari di Pesta Wirausaha Makassar 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s